kuliner part 5

Makan roti bakar malem-malem itu biasa. Tapi kalau makan roti bakar yang umurnya udah 36 tahun, itu baru luar biasa. Mau tahu rasanya kayak apa? Check this out!

Roti bakar bernama ROPITA ini terletak persis di sebelah Hoka-Hoka Kalimalang. Nama ROPITA merupakan kependekan dari Roti Pisang Tapai yang jadi andalan tempat ini. Ya iyalah ya, kalau andalannya Roti Pisang Keju, pasti namanya ROPIKE.

Anyway, begitu sampe di tempat ini kami langsung memesan seporsi roti pisang tapai dan Susu jahe. Sambil nunggu, kami sedikit ngegerecokin bapak penjualnya dengan nanya-nanya tentang tempat ini. Ternyata eh ternyata, tempat ini dulu awalnya samping kolam renang Cikini. Akhirnya, mereka pun mengotong-gotong tenda dan buka lagi di depan Restoran King. Cikini. Peminatnya cukup banyak, ada anak muda, ada juga artis yang nongkrong disini lho! Contohnya kami. Ehem. Lanjut! Baca lebih lanjut

Kuliner part 4 + d’creeps…

Kalau kamu berencana ke PIM tapi di tengah jalan kamu nggak tahan sama macet dan udah kelaperan duluan, mendingan langsung minggir aja dan parkir kendaraan kamu begitu ngeliat warung makan kaki lima yang nyediain menu tahu campur dan tahu tek-tek. Tempatnya di Arteri Pondok Indah dekat Holland Bakery dan tempat pencucian mobil bernuansa Bali gitu degh.

banner

Begitu kami masuk ke tempat makan ini, ternyata tempatnya penuh dan rame. Wah, duduk dimana ya ? Untungnya, ada orang lain yang baru aja selesai makan, jadinya kami bisa duduk deh. Kami langsung memesan seporsi tahu campur dan tahu tek-tek itu terletak pada kuah berwarna coklat, encer, kemudian diberi kentang, selada, touge panjang, mie kuning, tetelan daging, kerupuk. Bumbunya memakai petis udang. Kalau tahu tek-tek itu kayak ketoprak. Isinya ada tahu, lontong, bumbu kacang touge pendek, kerupuk, dan sama-sama memakai bumbu petis udang. Rasanya? Wah, mantap kali! Kalau kamu nambahin sambel ke dalam tahu campur atau tek-tek kamu, rasanya lebih segar. Dua piring langsung ludes dengan suksesnya.

tahu_tetek_campur

*aku baik-baik saja, I’m single..and very kenyang..

*aku baik-baik saja, I’m single..and very kenyang..

Another tips nih, berhubung tempat makan ini persis dipinggir jalan raya, jadi siap-siap aja dengan kebisingan lalu lintasnya yang selalu padat. Jangan sampai pas keluar dari warung ini kamu mendadak budek. Watch your step juga ya, soalnya mepet banget sama jalan raya, jangan sampai kamu keserempet motor atau mobil. Kalau kamu malas makan di situ karena bising, mendingan minta dibungkus aja dan makan di rumah.

info

Oiya, sempet mampir juga ke gramedia PIM nyari buku buat bahan TA gue. Terus lanjut ngeceng sana sini bentar.. pas lewatin stan d’creeps gak tahan liat kelezatan d’creeps..Emm..Yummi..iler kami pun keluar perlahan-lahan, mulut kami mengecap-ngecap,  dan kami berdua pun meminta-minta dengan muka melas. ”mba..kasian mba.. udah 5 hari gak makan dcreep’s…” Ya, Enggalach!! Langsung kami pesan yang rasa pisang keju coklat sama kacang coklat. Minta take away sama mbanya, bayar deh. Dan lanjut pulang ke tempat kerjaan temen.

*ini makannya caranya gimana siy...

*ini makannya caranya gimana siy...

Kuliner part 3

Kalau kamu tinggal di daerah Jakarta Selatan dan deket-deket Tanah Kusir, dikawasan ini ada salah tempat makan yang kami rekomendasiin buat kamu. Apalagi kalau kamu adalah pecinta masakan khas Betawi. Nama makanannya adalah Soto Jakarta alias Soto Betawi.

Kami menemukan rumah makan ini ketika lagi ngubek-ngubek Tanah kusir buat nyari tempat makan. Daerah Tanah kusir ternyata punya magnet dan kenangan tersendiri buat temen gue. Soalnya, mantan pacarnya tinggal disini. Matanya jadi berkaca-kaca dan air mata mulai membasahi pipinya Nanank, sang doyan makan. Oke, yang terakhir ini gue bohong. Nanank baik-baik aja kok.

banner

Selidik punya selidik, ternyata Soto Jakarta ini udah eksis sejak tahun 1973.

abangnya

Tempat makan ini. Nggak nyediain menu makanan lain karna spesialiasi mereka hanya soto betawi aja. Biasanya, kalo makan soto betawi, kamu pilih mau pakai daging aja atau daging campur paru, jeroan dan kawan-kawannya gitu.

soto_betawi

info

Eniwei, jadi inilah dia, beberapa foto kuliner di Tanah kusir minggu kemarin.

saya suka soto betawi walaupun bukan orang betawi.

saya suka soto betawi walaupun bukan orang betawi.

ngakunya uda makan tapi abiz-abiz juga sotonya..

ngakunya uda makan tapi abiz-abiz juga sotonya..

Dan… sampai jumpa dikuliner selanjutnya.

-salam mak croot-

Kuliner Part 2

Laper ketika tengah malam? Arrgghhh! STOP !! Sudah saatnya berhenti membuka kulkas dengan mata mengantuk dan menjerit histeris ketika mengetahui kulkas kosong. Mampir dulu ke blok S. Blok S mana ?? Blok M sonoan dikit. Hehe..

Kalau ngomongin makanan di Blok S, pasti yang langsung kepikiran sama kamu adalah bakso Pak Kumis. Sekali-kali dong kita makan out of the box (maksudnya diluar bakso Pak Kumis). Gimana kalau kita nekad mengunjungi daerah sekitar situ. Gosipnya, ada nasi goreng yang ciamik banget.

Ternyata gosip itu bukan isapan jempol semata. Soalnya nasi goreng yang dimaksud beneran ada. Nasi goreng yang dimaksud adalah nasi goreng Bhakti. Bapak Abdul Malik, sang penjual, udah berjualan nasi goreng selama kurang lebih 28 tahun. Kayaknya lebih tua dari pada umur kami nih. Pasti rasanya ciamik banget nih. Cobain ah..

banner

Jenis nasi goreng yang ditawarkan disini cukup beragam. Ada yang pake ayam, kambing, pete, ikan asin, bakso, ati ampela, dan atau udang. Maksudnya “dan atau” adalah kamu bisa milih mau pake salah satu, salah dua, atau salah semua tapping di atas nasi goreng pesanan kamu.

abang-nya

Pilihan kami jatuh ke nasi goreng komplit yang memasukan semua bahan di atas. Pastinya kami pengen nyobain semuanya dong, biar bisa direkomendasikan ke kamu-kamu. Oh ya, menurut bisikan yang kami dengar, nasi goreng disini akan lebih mantap rasanya kalau kita minta rasa pedes manis. Udah kayak jagung bakar aja, tapi soklah kita coba.

nasi-goreng-bakti

Begitu piring nasi berlabuh di meja kami, aromanyaa langsung menggoda hidung. Belum lagi potongan ayam, bakso, dan tapping lain yang cukup eksibisionis dan seperti memanggil untuk disantap. Langsung bikin kami speechless. Rasa pedas dan manis serasa meledak di mulut dan bikin rasanya nggak bakal dilupain. Ah, susah deh kalau harus di gambarin pake kata-kata. Mendingan langsung aja deh mampir dan rasakan sendiri.

Satu tip dari kami biar kamu tambah semangat ke sana:
pergilah dimalam minggu. Soalnya anak-anak gaol yang katanya berpusat di tempat ini, banyak keluar di malam minggu. Nggak rugi khan, makan enak sambil liat yang seger-seger pula.

info1

Eniwei, jadi inilah dia, beberapa foto kuliner di Blok S minggu kemarin.

Entah kenapa, di situ majus terlihat seperti pria hidung belang.ich seyem ach..

Entah kenapa, di situ majus terlihat seperti pria hidung belang.ich seyem ach..

Dan..

what?!

what?!

sampai jumpa di kuliner selanjutnya.

-CHEERS –